Pasien Positif Corona Datang Berobat Ke Dukun,Dukunnya Sekarang Jadi ODP



Seorang dukun di Kabupaten Bogor, Jawa Barat kini berstatus sebagai orang dalam pemantauan (ODP). Penyebabnya, dukun itu telah melakukan kontak dengan pasiennya, seorang ibu yang ternyata terkonfirmasi corona (Covid-19) berinisial E.

E yang terinfeksi corona mendatangi tempat praktik dukun tersebut untuk berobat. Selain dukun, para pasien dukun juga berstatus ODP karena berkontak dengan E (42).

"Kita sudah tracing pendataan disinfektan, pembagian masker. Nanti rencana kita mau tes kepada 10 orang termasuk dukun itu, kemudian isolasi mandiri itu yang penting," kata Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Puskesmas Sukamakmur Teguh Yudiana, Rabu (13/5/2020).

Awalnya bergejala TBC



Peristiwa bermula dari seorang ibu berinisial E. Pasien E sebelumnya sudah sempat dirawat di rumah sakit karena berpenyakit seperti TBC. 

"Awalnya dia ke rumah sakit untuk berobat karena sakit TBC. Karena selama dirawat tidak ada perbaikan yang signifikan, ditambah lagi ekonominya, akhirnya dia ke dukun," ucap Teguh. Karena E juga mengalami demam dan sesak napas, maka E juga harus mengikuti rapid test dengan hasil reaktif. Namun karena hasil tes swab polymerase chain reaction (PCR) belum keluar, perempuan asal Desa Balekambang, Kecamatan Jonggol ini minta dipulangkan. 

Beberapa hari kemudian, hasil tes swab keluar dan E dinyatakan positif. Namun saat dijemput petugas, pihak keluarga menolak. "Pihak RS dan puskesmas koordinasi untuk jemput lagi pasien ini. Ditelepon juga sudah, tapi dia menolak untuk dirawat atau isolasi kembali," ucap Teguh.


Pilih berobat ke dukun daripada dokter 



Saat dicari di rumahnya kembali, E dan keluarganya tidak ada di rumah. Bahkan mereka menghilang selama tiga hari. "Jumat sore sudah tidak ada di rumahnya saat mau dijemput. Akhirnya kita cari mulai Jumat sore sampai Minggu itu enggak ketemu, kan bahaya dia positif," kata Teguh. Baru hari Senin petugas mendapatkan informasi keberadaan E. 

Dia justru berobat ke dukun yang berada di Sukamakmur. "Nah pas hari Senin itu jam 12.00 dapat kabar bahwa pasien ini berobat ke dukun. Memang di Sukamakmur ada dukun yang tenar bisa mengobati segala macam penyakit katanya. 

Kecurigaan kita benar, ternyata pasien ada di sana setelah kita cek nama dia," kata Teguh. Petugas pun menjemputnya dengan paksa dengan mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap.


Belum ada Komentar untuk "Pasien Positif Corona Datang Berobat Ke Dukun,Dukunnya Sekarang Jadi ODP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel