Terapi Ikan Lele Jadi Salah Satu Kuncinya, Rumah Sakit di Klaten Ini Sukses Sembuhkan 15 Pasien Covid-19



Belum ada vaksin virus corona yang bisa digunakan secara luas, juga belum ada obat spesifik untuk mengatasi penyakit ini.

Berbagai cara pun dilakukan oleh pihak rumah sakit untuk mengobati pasien Covid-19.

Namun rupanya bukan hanya obat semata, ada cara unik yang dilakukan RSUD Bagas Waras Klaten untuk mengupayakan kesembuhan pasien Covid-19.

Dimana para pasien Covid-19 disana justru diajak untuk memancing ikan lele di area yang telah disediakan rumah sakit.




Kegiatan memancing tersebut diklaim sebagai terapi mancing ikan lele.

Meski belum ada penelitian lebih lanjut mengenai metode ini, tapi 15 pasien Covid-19 di Klaten dikabarkan sembuh setelah diajak untuk memancing ikan lele.

Dikutip dari situs resmi Pemprov Jateng, Direktur RSUD Bagas Waras Klaten dr Limawan menjelaskan langkah ini dilakukan untuk menghibur dan mengurangi beban pikiran pasien.




“Di belakang rumah sakit kebetulan ada kolam ikan. Untuk mengurangi beban pikiran pasien Covid, kolam itu ditabur ikan lele. Jadi para pasien merasa terhibur dengan mancing ikan lele di belakang rumah sakit sambil mengisi waktu luang. Tapi itu juga harus melalui protokol kesehatan yang ketat,” terang Limawan, 15 Juli 2020, seperti dikutip dari situs resmi Pemprov jateng.


Ia menjelaskan sebetulnya fasilitas tenaga medis di RSD Bagas Waras sangat terbatas dengan hanya memiliki 4 perawat dan 2 dokter spesialis paru serta 14 fasilitas kamar isolasi.

Oleh karena itu ia menilai jalinan komunikasi yang tulus antara tenaga medis dan pasien menjadi obat tersendiri.

Pasien tidak lagi merasa kesepian meskipun harus terpisah lama dari keluarga

Agar komunikasi itu dilakukan lebih intensif pihaknya menyediakan jaringan Wifi untuk berkomunikasi dengan tenaga medis dan keluarga aplikasi WhatsApp.




Dengan demikian meskipun tetap menjaga jarak, namun interaksi tidak dibatasi.

“Kami juga mengajak pasien untuk berjemur atau senam pagi dua kali dalam seminggu, agar pasien tidak jenuh selama perawatan,” pungkas Limawan.

Terlebih kejenuhan dapat memicu stres yag membuat tubuh akan mengalami tekanan dan melepaskan hormon stres yang disebut kortisol

Berdasarkan laman WebMD, jika kadar hormon kortisol ini meningkat, dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang cepat, kulit yang mudah memar, kelemahan otot, diabetes, dan banyak masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, stres juga dapat menurunkan limfosit tubuh atau sel darah putih yang membantu melawan infeksi.

Semakin rendah tingkat limfosit, semakin berisiko terkena virus, seperti flu dan pilek biasa ataupun corona itu sendiri.

0 Response to "Terapi Ikan Lele Jadi Salah Satu Kuncinya, Rumah Sakit di Klaten Ini Sukses Sembuhkan 15 Pasien Covid-19"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel